هكذا علمنا الحياة !!!!!!!!!!!!

هكذا علمنا الحياة !!!!!!!!!!!!
Di suatu  pagi yang cerah………. Rina seorang santriwati kelas 6 KMI, termenung dalam keindahan pemandangan pelataran sawah, ditemani kicau burung yang beterbangan disekitar kolam ikan nan indah. “Tak kusangka kini aku telah menjadi siswi akhir KMI. Katanya dalam hati. Tetapi akhir-akhir ini ada sesuatu yang berkelibat dalam fikirannya, berpuluh-puluh pertanyaan yang muncul dan belum ia temukan jawabannya. Sudahkan aku menyerap semua ilmu yang diajarkan oleh pondok, sudahkah aku seikhlas trimurti yang  rela dihina demi ideologi? Sudahkah aku sesederhana mereka yang rela mengorbankan segalanya demi kejayaan pondok ini? Sudahkah aku seperti mereka yang mengerti arti berdikari, yang tak hanya belajar dan berlatih mengurus segala kepentingan sendiri tetapi lebih memahami bahwa pondok tak pernah menyandarkan kehidupannya kepada bantuan atau belas kasihan orang lain? Sudahkah aku memahami segala nilai-nilai yang telah diajarkan dan diterapkan? Dan masihkah aku marah tak rela jika aku ditegur karena kesalahanku?
Waktu seakan berjalan begitu cepat mengantarkan ku pada titik ini, satu titik terakhir yang akan menjadi tinta pena yang menggoreskan segala perjalanan yang ku tempuh selama ini.
Pagi, siang, dan malam aku ditempa oleh hujaman kritikan, aku dituntut menjadi seorang yang ideal, dan pasti sitti-l-kull alangkah ruginya aku selama ini, tak  menyadari betapa penting dan bergunanya nilai kritik yang kusadari begitu membangun. Darussalam engkau gaung-gaungkan sebuah nilai keikhlasan, sebuah nilai keberkahan. Lalu, kemanakah aku selama ini? Enam tahun yang ku lalui, kini akupun menyadari, mungkin ikhlas itu permata. Berkilau karena tiada henti diasah dengan amal bermakna, walau kadang ada rasa tersiksa, mungkin ikhlas itu emas, murninya karena dilelehkan panas. Dibakar agar kerak dan noda terlepas. Hingga kilaunya jelas. Dan mungkin ikhlas itu mutiara. Terbentuk karena ada yang luka jauh dikedalaman samudra perlu keberanian untuk meraihnya.
Kini Rina menyadari betapa banyak hal yang belum ia pahami tentang nilai-nilai Gontori, ia bersyukur karena Allah telah membukakan matanya. Tak terpaku pada keadaan yang biasa-biasa saja apalagi hanya termakan oleh rutinitas belaka.
Disela-sela renungannya, datanglah teman karibnya yang membuyarkan segala konsentrasinya. “ih, sebel, bete, nyebelin, pokoknya majruh.” Kata Mariam sahabatnya itu. Kenapa sih, harus ana? Limadza ana? Belum berhenti berucap datanglah sahabat mereka yang lainnya sambil berucap “mabruk, ya Mariam” dari kejahuan. Rina pun semakin heran, apa yang terjadi sebenarnya, kenapa sahabat karibnya itu menyambar tak jelas? Bisiknya dalam hati.
Baru setelah beberapa menit, Maryam berusaha menenangkan diri, menghela nafas dalam-dalam sambil berucap istighfar.Astaghfirullahaladzim, katanya, kenapa ana bisa selabil ini, Rina yang sedari tadi disampingnya pun tambah penasaran dan langsung memburunya dengan beribu-ribu pertayaan.ada apa sih Mariam, limadza wa ma hasola biki?
Dia termenung beberapa saat, terpaku menatap hembusan angin yang menggoyangkan dedaunan disekitar kolam tempat mereka singgah. Aku tak tahu Rin, katanya. Aku binggung mengutarakan. Harus dari mana aku memulainya karena ini semua bercampur menjadi satu, nano-nano rasanya. Rasa sebel, bete, majruh, tapi dibalik itu ada rasa syukur, bahagia  juga gembira karena apa yang ku dapatkan sekarang merupakan angan-angan ku selama ini. Lalu apa yang membuatmu menjadi sebel, bete ataupun majruh jikalau hal tersebut adalah angan-angan mu? kata Rina.
Baru saja ustadzah riayah memanggilku, aku terpilih menjadi ketua Panitia Perpuangan Awal tahun kali ini. Oh,ya benarkah begitu? Rina pun kaget bukan main. Seorang Maryam yang ia kenal bisa terpilih menjadi ketua PPAT, wow, it’s amazing.
Pasti kau pun tak menyangka, Rin. Aku sendiri terheran-heran tatkala ustadah meyampaikan perihal tersebut. Tetapi, nasehat beliau cukup meyakinkanku bahwa aku mampu dan memang ada potensi dalam diriku yang aku sendiri tak tahu apalagi menyadari hal itu. “Hakadza alamana-l-ma’had, kanati hayatuna huna mali’ah bitajribah, beliau meyakinkan ku sekuat tenaga hingga aku bisa menerima semuanya. Menerima bahwa segala apa yang telah kita dapatkan selama ini begitu mahal harganya, tak akan kita jumpai di luar pondok ini. Lalu, kenapa kau begitu sebal, bete dan majruh? Itu dia, disamping rasa syukur ku, aku juga takut menghadapinya, apalagi ini adalah hal pertama yang aku alami berdiri menjadi sebuah ketua, ketua yang akan membawa awak kapal angkatan kita, aku takut jika teman-teman tak mendengarkan ku apalagi mau mengerjakan apa yang akan kita progamkan bersama. Maryam, segala sesuatu yang sudah menjadi keputusan guru-guru kita pastilah sudah dipertimbangkan. Tak akan mungkin beliau-beliau memilihmu menjadi seorang ketua panitia besar kalau tak beliau pikirkan jauh sebelumnya. Karena beliau lebih tau dari pada kita yang masih seumur jagung tinggal di pondok ini.
Iya Rin, memang benar. Apa yang kau sampaikan. Aku tak pernah berpikir sejauh itu. Aku selau berpikir negatif segala apa yang diputuskan oleh guru-guru kita. Jangankan berpikir latarbelakangnya, peraturan yang sudah jelas saja pun terkadang aku memberontak dan menolaknya.

Tapi, kini aku menyadari tiada sesuatu yang lebih berarti selain memaknai filosofis nilai-nilai gontori untuk mersakan pendidikan kehidupan haqiqi demi mencapai ridho Ilahi Rabbi.